Saturday, June 21, 2014

Komunikasi Data Modbus TCP /IP untuk integrasi sistem fire alarm


Membangun sistem komunikasi data jarak jauh berstandar industri menggunakan hardware komputer biasa bisa dilakukan dengan  baik dan simultan dengan cara merubah dan mentransmisikan data dari port RS-232 ke port RS-485 begitu juga sebaliknya tanpa perlu merubah tatanan hardware PC atau software yang sudah ada.

Bagaimana mengkomunikasikan data antar proses dengan beberapa komputer ?
Ada beberapa pilihan komunikasi  untuk interface nya. Salah satunya adalah komunikasi Modbus TCP/IP.
Modbus TCP/IP atau Modbus TCP - Merupakan varian Modbus yang digunakan pada jaringan TCP/IP. Variasi Modbus dapat diaplikasikan pada port serial dan ethernet dan jaringan lainnya yang support dengan internet protocol suite. Sebagian besar peralatan Modbus menggunakan port serial RS-485. Konsep dasar komunikasi Modbus terdiri master dan slave. Peralatan yang bertindak sebagai slave akan terus idle kecuali mendapat perintah dari master. Setiap Peralatan yang dihubungkan (slave) harus memiliki alamat unik.



Bagaimana merancang sistem kontrol modbus pada System Fire Alarm  Jarak Jauh ?



Beberapa keuntungan sistem kontrol jarak jauh dapat dilakukan di area industri dan komersial dengan pertimbangan-pertimbangan baik dan benar. Salah satunya adalah dengan pertimbangan :
1. kondisi lapangan dan geografis yang tidak memungkinkan dilakukan penarikan kabel secara normal.
2. kondisi geografis yang sangat ekstreem sehingga data komunikasi hanya dapat disampaikan dengan cara sistem transmisi jarak jauh,

Untuk merambuat sistem kendali jarak jauih perlu ditentukan pertimbangan teknis selain non teknis ( seperti diatas ). Hal itu antara lain :
1. Jenis gelombang transmisi yang dipakai. Apakah dengan menggunakan wireless, microwave, atau GSM / GPRS.. Komunikasi nircable (tanpa kabel) untuk pengendali jarak jauh seperti remote ultrasonic, infrared, wireless, bluetooth, dan bahkan yang tercanggih saat ini adalah GPS (Global Possitioning System), contohnya remote dengan televisi, headset handphone, internet, pengendali camera CCTV, pengendali rumah otomatis jarak jauh dengan handphone/ telepon rumah, pengendali alarm mobil dengan remote, mouse bluetooth, dan sebagainya.
2. Sistem konfigurasi kendali yang diinginklan, Mengingat data yang dikirimkan dan diterima sangat tergantung dari salah satu faktor ini.


Wiring System Fire Alarm terintegrasi 
Wiring sistem fire alarm terintegrasi menggunakan komunikasi protocol TCP/IP Modbus menggunakan sistem serial RS 232/422/485 menyediakan konektivitas Ethernet. Sehingga sangat memungkinkan untuk dilakukan integrasi secara menyeluruh pada unit lain secara sistem terintegrasi.
Dengan beberapa modifikasi wiring, maka sistem fire alarm terintegrasi dapat dilakukan dengan beberapa sistem kontrol seperti :
1. Access Unit
2.  CCTV Camera
3.  Data Komunikasi
4.  Unit Utility ( Boiler, Genset, Lift dll )
5.  Lighting, HVAC

Dengan menambahkan beberapa modul dengan basis komunikasi Modbus TCP/IP dan perombakan sistem wiring lama( existing ) maka sistem integrasi fire alarm dapat dilakukan dengan tidak merubah fungsinya.


Pembuatan sistem Monitoring  Fire Alarm Jarah jauh .
Untuk membuat sistem ini dibutuhkan sebuah modul wireless yang merupakan perangkat komunikasi sistem jarak jauh seperti dirancang dan digambarkan berikut.






Semoga bermanfaat !!!! Kontak 088296572573 untuk info lebih detail
Komunikasi Data Modbus TCP /IP untuk integrasi sistem fire alarmSocialTwist Tell-a-Friend

No comments: