Sunday, July 29, 2012

Alarm Kebocoran Gas LPG, H2, N2, O2 Wireless


Kandungan gas dalam ruang merupakan hal vital seperti  dalam ruang operasi rumah sakit, ruang laboratorium, ruangan terbuka, gedung workshop mekanik, mesin pendingin ruang, mesin chiller, HVAC, atau refrigerator, gudang penyimpanan makanan, atau mesin pendingin buah-buahan, atau lainnya. Pembuatan  sistem monitoring kandungan freon, LPG, oksigen  dan karbondioksida atau lainnya dengan rangkaian microcontroller atau melalui personal computer (PC) merupakan solusi tepat.

Pada prinsipnya gas N2 sering dipergunakan dalam industri baja, worksop, bengkel las, penyimpanan buah-buahan dan sayur-sayuran dilakukan untuk mengendalikan proses metabolisme, dan juga untuk mengurangi hama di dalam ruang simpan padi-padian. N2 banyak dipakai pada industri ( ban, kaca, elektronik, reaktor, tangki dll ) dan sebagai bahan pengawet untuk produk makanan seperti ikan, udang, kepiting, atau untuk bahan pencegah pembusukan bahan-bahan biologi seperti darah, jaringan, inseminasi hewan, dan aplikasi pada proses penyambungan  material.

Monitoring kondisi gas mempunyai beberapa keuntungan berikut :
  •  mendapatkan berbagai kombinasi komposisi gas.
  •  mengetahui tingkat keamanan dan bahaya kebocoran atau komposisi gas diluar kendali yang berbahaya bagi lingkungan dan manusia.
  •  memberikan sinyal alarm ke lokal panel atau komputer sebagai indikasi gangguan sistem deteksi gas
  • mendapatkan laporan data kejadian secara kontinue untuk mengetahui penyebab kebocoran baik melalui layar panel lokal ataupun ke unit komputer secara visual atau cetak. 
  • dalam penggunaan pada mesin-mesin industri seperti chiller, compressor, HVAC, kebocoran gas ataupun monitoring kapasitas dan kinerja mesin dapat dikontrol dan dimonitor melalui parameter atau kondisi kapasitas gas yang ada. 

Pembuatan kontrol dan monitoring gas 


Kebanyakan alat yang ada sangatlah mahal dan sulit didapatkan dipasaran lokal. Selain mahal, alat bersifat portable dan tidak efisien dalam penggunaan karena bentuknya yang besar serta tidak memberikan sinyal indikator alarm yang bisa dilihat secara visual yang menggambarkan kondisi emergency / abnormal dari kondisi gas yang ada sebenarnya berupa alarm bell atau visual ke layar komputer atau layar LCD. 

Personal komputer atau (PC) dipergunakan untuk menampilkan data ke ruang control sebagai bahan informasi penting tentang gangguan suplai gas, kebocoran, volume gas, atau ketidaknormalan lain. Komputer bertindak untuk  memproses data dan mengolah data. PC digunakan untuk mengolah, memproses dan mengunduh data kedalam mikrokontroler. PC sebagai pengolah dan memproses data dari MMC kemudian di masukkan PC menggunakan Card Reader dan data akan diolah yang
 kemudian akan di tampilkan pada layar monitor.
Pembuatan panel kontrol lokal berupa panel box kontrol monitoring juga bisa dilakukan dengan memasang  sensor dan memproses pengukuran kadar gas tersebut melalui microcontroller untuk diproses dan ditampilkan ke layar dan kemudian menggerakkan valve, alarm bell, sirene, atau perangkat lainnya sebagai indicating alarm.



Monitoring Kebocoran Gas Wireless / Remote 
Kontrol dan monitoring gas dapat dibuat untuk beberapa area dan peralatan berikut :
  • Monitoring kadar stock oksigen dalam rumah sakit. 
  • kontrol bio gas pada mesin pembangkit listrik
  • kontrol kadar gas pada mesin compressor
  • kontrol kebocoran gas pada tangki-tangki BBM, atau gudang penyimpanan gas. 
  • kontrol kadar dan kapasitas oksigen O2, nitrogen N2, hidrogen H2 pada pabrik-pabrik otomotif. 
  • dll
Dijual Produk sensor kebocoran gas remote / wireless. Cocok untuk gudang yang lokasinya jauh dari pantauan. Jika berminat silahkan hubungi ke 081218127854 atau 087805401860.

Semoga bermanfaat !!!

Alarm Kebocoran Gas LPG, H2, N2, O2 Wireless SocialTwist Tell-a-Friend

No comments: